Binatang Terkuat Dan Tertangguh Di Dunia

| Jumat, 25 Mei 2012
Hewan atau binatang(Margasatwa/satwa) adalah kelompok organisme yangdiklasifikasikan dalam kerajaan Animalia atau Metazoa, yaitu salah satu dari berbagai makhluk hidup yang terdapat di alam semesta. Hewan dapat terdiri dari satu sel(uniselular) atau pun banyak sel(multiselular). Semua hewan merupakan organisme heterotrof.Berikut ini adalah hewan terkuat di dunia:
Beruang Grizzly
Beruang Grizzly
10. Beruang Grizzly
Mereka adalah hewan gunung yang kuat yang dapat mengangkat 0,8 kali berat badan mereka. Berat mereka adalah 1500 pound dan dapat mengangkat sampai £1.200.
Kupang
Kupang
9. Kupang
Mereka dapat memegang sesuatu dua kali berat badan mereka. Cangkang mereka sangat kuat, dibandingkan dengan ukuran tubuh kecil mereka.
Anakonda
Anakonda
8. Anakonda
Anakonda dalam bahasa latin disebut Eunectes murinus termasuk dalam golongan phylum chordata, yaitu golongan hewan yang memiliki notokorda atauchorde(tali sumbu tubuh syaraf belakang dengan rangka). Ukuran chordataberagam, ada yang besar dan ada yang kecil dengan otak terlindung tengkorakuntuk berpikir. Anakonda masuk dalam Kelas Reptil, Ordo Squamata, KeluargaBoidae, sejenis ular boa air.
Anakonda hidup di Amerika Selatan, sebelah timur Andes, dan sebagian besar disungai AmazonOrinoco dan Guianas. Habitat mereka berada di rawa-rawa dan semak belukar. Mereka tak pernah ditemukan jauh dari perairanRawamerupakan tempat favoritnya. Ketika mereka keluar dari air, tubuh anakonda akan dirundung oleh kutu-kutu atau jamur.
Seekor anakonda memulai reproduksi dalam usia muda dengan masa kehamilan selama 6 bulan. Seekor betina dapat beranak 20 hingga 40 ekor dan kadang-kadang lebih dari 100 ekor. Anakonda yang baru lahir biasanya memiliki panjang 60 cm. Beberapa jam setelah mereka lahir sudah dapat berenang, berburu dan merawat dirinya sendiri. Setelah melalui proses perkawinan, anakonda akan tumbuh panjang namun lambat.
Mereka dapat menekan sesuatu yang sama dengan berat tubuh mereka sendiri sampai mati. Berat mereka bisa mencapai £550.
Sapi
Sapi
7. Sapi
Sapi adalah hewan ternak anggota familia Bovidae dan subfamilia Bovinae. Sapi dipelihara terutama untuk dimanfaatkan susu dan dagingnya sebagai bahan pangan. Hasil sampingan, seperti kulit, jeroan, dan tanduknya juga kemudian dimanfaatkan. Di sejumlah tempat, sapi juga dipakai untuk membantu bercocok tanam, seperti menarik gerobak atau bajak.
Sapi Ternak
Sapi Ternak
Sapi ternak saat ini merupakan keturunan dari jenis liar yang dikenal sebagaiAuerochse atau Urochse, yang sudah punah di Eropa sejak 1627. Meski sapi banyak jenisnya tetapi umumnya digolongkan menjadi satu spesies saja.
Mereka dapat menarik dan membawa sesuatu yang 1,5 kali berat badan mereka di medan kasar. Berat mereka adalah 1300 pound dan dapat menarik atau membawa sampai 2000 pound.
Harimau
Harimau
6. Harimau
Harimau atau macan tergolong dalam kerajaan hewan dalam filumkordata(mempunyai saraf tulang belakang), sub-filum vertebrata(bertulang belakang), kelas mamalia(berdarah panas, berbulu dengan kelenjar susu), pemakan daging(karnivora), keluarga felidae(kucing), genus panthera, spesies tigris(harimau).
Rusa Sambar
Rusa Sambar
Harimau biasanya memburu mangsa yang agak besar seperti rusa sambar,kijangbabikijangkancil, tetapi akan memburu hewan kecil seperti landakapabila mangsa yang agak besar itu tidak ada. Meskipun berasal dari keluarga yang sama, harimau berbeda dengan kucing biasa yang kecil, harimau sangat suka berenang, dan pada dasarnya kucing takut dengan air.
Mereka dapat membawa sesuatu dua kali berat badan mereka sendiri sambil melompati sebuah pagar setinggi 10 kaki. Berat badan mereka adalah 600 pound dan dapat membawa hingga £1.200.
Harimau dikenal sebagai kucing terbesar. Pada dasarnya dalam hal ukuran, harimau mirip dengan singa walaupun sedikit lebih berat. Pada umumnya harimau jantan memiliki berat antara 180 dan 320 kg dan betina berbobot antara 120 dan 180 kg. Panjang jantan antara 2,6 dan 3,3 meter, sedangkan betina antara 2,3 dan 2,75 meter. Di antara subspesies yang masih hidup,Harimau Sumatera adalah yang paling kecil dan Harimau Siberia yang paling besar.
Loreng pada kebanyakan harimau bervariasi dari coklat ke hitam. Bentuk dan kepadatan lorengnya berbeda-beda tergantung sub-spesies satu dengan yang lain, tapi hampir semua harimau memiliki lebih dari 100 loreng. Harimau Jawayang sekarang sudah punah kemungkinan memiliki loreng yang lebih banyak lagi. Setiap harimau memiliki pola loreng yang berbeda dan dapat digunakan untuk membedakan satu sama lain, mirip dengan fungsi cap jari yang digunakan untuk mengindentifikasi orang. Metode pengidentifikasian yang disarankan, terkait kesulitan untuk merekam pola loreng pada harimau liar. Sepertinya fungsi loreng adalah untuk kamuflase, menyembunyikan mereka dari mangsanya.
Sub-Spesies
Ada sembilan sub-spesies harimau dalam genus Panthera. Enam diantaranya masih hidup sampai sekarang. Tiga sub-spesies harimau selebihnya telah dianggap punah secara resmi.
Sub-Spesies Yang Masih Hidup:
Harimau Indocina
Harimau Indocina
Harimau Indocina(Panthera tigris corbetti)
Terdapat di kawasan hutan hujan dan padang rumput MalaysiaKamboja,Republik Rakyat CinaLaosMyanmarThailand, dan Vietnam.
Harimau Bengal
Harimau Bengal
Harimau Bengal(Panthera tigris tigris)
Terdapat di kawasan hutan hujan dan padang rumput BangladeshBhutan,Republik Rakyat CinaIndia, dan Nepal.
Harimau Cina Selatan
Harimau Cina Selatan
Harimau Cina Selatan(Panthera tigris amoyensis)
Tinggal di kawasan hutan hujan dan padang rumput tengah atau barat Republik Rakyat Cina.
Harimau Siberia
Harimau Siberia
Harimau Siberia(Panthera tigris altaica)
Juga dikenal sebagai Amur, Ussuri, Harimau Timur Laut China, dan Harimau Manchuria. Harimau Siberia tinggal di kawasan hutan hujan dan padang rumputCinaKorea Utara, serta Asia Tengah di Russia.
Harimau Sumatra
Harimau Sumatra
Harimau Sumatera(Panthera tigris sumatrae)
Tinggal hanya di kepulauan Sumatera.
Harimau Malaya
Harimau Malaya
Harimau Malaya(Panthera tigris jacksoni)
Tinggal hanya di Semenanjung Malaysia.
Sub-spesies yang sudah punah:
Harimau Kaspia
Harimau Kaspia
Harimau Kaspia(Panthera tigris virgata)
Telah punah sekitar 1950-an. Harimau Caspian ini pernah berkeliaran di kawasan hutan hujan dan padang rumput AfganistanIranMongoliaTurki, dan kawasan Asia tengah(Russia).
Harimau Jawa
Harimau Jawa
Harimau Jawa(Panthera tigris sondaica)
Telah punah sekitar 1972. Harimau Jawa pernah berkeliaran di kawasan hutan hujan pulau Jawa, Indonesia.
Harimau Bali
Harimau Bali
Harimau Bali(Panthera tigris balica)
Telah punah sekitar 1937. Harimau Bali pernah berkeliaran di kawasan hutan hujan kepulauan BaliIndonesia.
Harimau Sebagai Hewan Nasional
Harimau adalah hewan nasional di:
Cina(Bersama naga dan panda(tidak resmi))
Bangladesh(Harimau Bengal)
India(Harimau Bengal)
Nepal(Harimau Bengal)
Korea Utara(Harimau Siberia)
Nazi(Sudah tidak ada)(Bersama dengan elang hitam)
USSR(Sudah tidak ada)(Harimau Siberia)
Elang
Elang
5. Elang
Elang merupakan salah satu dari hewan yang terdapat di seluruh Indonesia. Elang adalah hewan berdarah panas, mempunyai sayap dan tubuh yang diselubungi bulu pelepah. Sebagai burung, elang berkembang biak dengan cara bertelur yang mempunyai cangkang keras di dalam sarang yang dibuatnya. Ia menjaga anaknya sampai mampu terbang.
Mereka adalah burung terkuat. Mereka bisa mengangkat sesuatu empat kali berat badan mereka sendiri selama di udara.
Elang merupakan hewan pemangsa. Makanan utamanya hewan mamalia kecil seperti tikustupai dan ayam. Terdapat sebagian elang yang menangkap ikansebagai makanan utama mereka. Paruh elang tidak bergigi tetapi mempunyai bengkok yang kuat untuk mengoyak daging mangsa. Burung ini juga mempunyai sepasang kaki yang kuat, dan kuku yang tajam untuk mencengkeram mangsa , serta daya penglihatan yang tajam untuk memburu mangsa dari jarak jauh.
Jenis-Jenis Elang:
Elang Hitam
Elang Hitam
Elang Brontok
Elang Brontok
Elang Merah
Elang Merah
Elang Jawa
Elang Jawa
Elang mempunyai sistem pernafasan yang baik dan mampu untuk membekali jumlah oksigen yang banyak untuk digunakan ketika terbang. Jantung burung elang terdiri dari empat bilik seperti manusia. Bilik atas dikenal sebagai atrium, sementara bilik bawah dikenali sebagai ventrikel.
Gorilla
Gorilla
4. Gorilla
Mereka bisa mengangkat sesuatu yang lebih dari 10 kali berat badan mereka. Walau berat badan mereka hanya 450 pounds namun dapat mengangkat sampai dengan £4.600. Artinya mereka bisa mengangkat berat seperti 30 orang dewasa.
Semut Pemotong Daun
Semut Pemotong Daun
3. Semut Pemotong Daun
Mereka bisa mengangkat sesuatu yang 50 kali berat badan mereka sendiri atau sama dengan ketika seorang manusia mengangkat truk.
Gajah
Gajah
2.Gajah
Famili Elephantidae(Gajah) adalah mamalia darat terbesar yang masih hidup, serta famili dari ordo Pachyderm, dan satu-satunya famili yang tersisa dari ordoProboscidea.
Gajah adalah salah satu hewan yang ada di Indonesia. Gajah adalah mamaliadan merupakan hewan darat terbesar di dunia. Terdapat 2 spesies gajah didunia yaitu:
Gajah Asia
Gajah Asia
1. Gajah Asia atau Gajah India(Elephas maximus)
Gajah Afrika
Gajah Afrika
2. Gajah Afrika(Loxodonta aricana)
Periode kehamilan gajah adalah 22 bulan, masa kehamilan terlama dibandingkan hewan darat lainnyaBerat anak gajah pada umumnya 120 kilogram dan seekor gajah bisa hidup selama kurang lebih 70 tahun.
Gajah juga pernah digunakan dalam peperangan sebagai gajah perang yang digunakan untuk menyerang musuh. Gajah adalah satu-satunya mamalia di dunia yang tidak bisa melompat. Mereka adalah mamalia terkuat. Berat badan mereka adalah £12.000 dan mereka dapat membawa £20,000. Mereka dapat membawa berat seperti ukuran 130 orang dewasa.
Spesies Gajah
Gajah Afrika merupakan hewan darat terbesar di dunia. Sepanjang 55 juta tahun terdapat 500 spesies gajah yang dikenal dan hanya dua spesies yang masih ada yaitu Gajah Asia(Elephas maximus) dan Gajah Afrika(Loxodontaafricana). Spesies Gajah Asia dan Gajah Afrika mulai terpecah kira-kira dua juta tahun lalu. Gajah Asia berbeda daripada Gajah Afrika. Gajah Asia memiliki telinga lebih kecil sedikit daripada Gajah Afrika, mempunyai dahi yang rata, dan dua bonggol di kepalanya yang merupakan puncak tertinggi gajah, dibandingkan dengan Gajah afrika yang mempunyai hanya satu bonggol di atas kepala. Selain itu, ujung belalai Gajah Asia hanya mempunyai 1 bibir, sementara Gajah Afrika mempunyai 2 bibir di ujung belalai. Kedua jenis kelamin Gajah Afrika mempunyaigading sementara hanya Gajah Asia jantan yang mempunyai gading yang jelas kelihatan.
Gajah Kerdil
Gajah Kerdil
Ada pula spesies Gajah kerdil atau Pygmy elephants dengan nama latin Elephas maximus borneensis, yaitu spesies terkecil gajah, bahkan lebih kecil dari Gajah Sumatra. Ukuran tubuhnya hanya sekitar 2,5 meter, seperti pada ukuran bayi gajah lainnya. Data menunjukkan bahwa DNA pada Gajah kerdil adalah sama sekali berbeda dari Gajah Asia dan Gajah Afrika, hal ini berarti bahwa Gajah kerdil merupakan subspesies baru dari gajah. Habitat tempat hidup mereka ada di kedalaman hutan Borneo, perbatasan antara Kalimantan Timur(Indonesia dengan Malaysia).
Persebaran gajah di Asia meliputi IndiaAsia Tenggara termasuk Indonesiabagian barat dan Sabah(Malaysia Timur). Sedangkan gajah di Afrika persebarannya meliputi sebagian besar daratan Afrika yang berupa padang rumput. Di Indonesia, gajah terdapat di Sumatera(Gajah sumatera) dan diKabupaten NunukanKalimantan Timur(Gajah borneo). Gajah termasuk dalam kategori hewan herbivora. Ia menghabiskan 16 jam sehari untuk mengumpulkan makanan. Makanannya terdiri atas sedikitnya 50% rumput, ditambah dengan dedaunan, ranting, akar, dan sedikit buah, benih dan bunga. Karena gajah hanya mencerna 40% dari yang dimakannya, maka mereka harus mengkonsumsi makanan dalam jumlah besar. Gajah dewasa dapat mengkonsumsi 300 hingga 600 pon(140-270 kg) makanan per hari. Enam puluh persen dari makanan tersebut tertinggal dalam tubuh gajah dan tidak dicerna. Sebagai anggota dari kelas mamalia, gajah berkembangbiak dengan cara melahirkan dari masa kehamilan kurang lebih 22 bulan. Pada saat lahir, bayi gajah memiliki berat sekitar 120 kg dengan tinggi 90 cm, serta bayi gajah adalah salah satu bayi mamalia terbesar di dunia. Gajah hidup di dalam urutan sosial yang terstruktur. Kehidupan sosial dari jantan dan betina sangat berbeda. Betina menghabiskan hampir seluruh hidupnya di dalam satu kelompok keluarga yang terdiri atas ibu, anak perempuan, saudara perempuan, dan bibi. Kelompok ini dipimpin oleh gajah betina tertua dan ketika seekor gajah betina sedang mengandung, maka 2 – 3 gajah betina lainnya akan menemani hingga si ibu gajah melahirkan. Sedangkan jantan dewasa menghabiskan waktunya dalam kehidupan sendiri(tidak berkelompok).
Meskipun berbadan besar, gajah adalah hewan perenang yang handal. Mereka dapat berenang selama 6 jam dan menempuh jarak hingga 50 km.
Gading gajah yang besar merupakan sepasang gigi seri pada bagian depan rahang atas dan terus tumbuh selama gajah hidup meskipun tidak tumbuh terlalu panjang.
Tengkorak gajah yang besar dan kuat, berisi otak yang sangat cerdas. Oleh karena itu, gajah mempunyai ingatan yang sangat baik dan jarang melupakan perintah-perintah yang telah diajarkan. Seekor gajah mampu mengingat 25 perintah atau aba-aba dan mampu membuat alat untuk digunakan sendiri. Sebagai contoh, gajah akan mematahkan tonggak kayu untuk menggaruk punggungnya.
Kuburan Gajah
Kuburan Gajah
Kuburan Gajah
Menurut legenda, semua gajah di daerah tertentu jika sudah tua gajah akan pergi ke suatu tempat sendirian untuk menunggu malaikat maut menjemput ajalnya. Tempat itulah yang disebut dengan kuburan gajah dan konon di tempat ini tertimbun banyak sekali gading gajah yang sudah mati, jika kita berhasil menemukannya maka kita akan menjadi kaya.
Mammoth
Mammoth
Selama bertahun-tahun para petualang mencari kebenarannya, meskipun ditemukan kumpulan kerangka gajah, namun bukan berarti itu adalah kuburan gajah. Di Siberia telah ditemukan sejumlah besar gading gajah yang terkubur di dalam tumpukan salju, tetapi gading tersebut ternyata merupakan fosil milikmammoth(gajah purba) yang telah mati 10.000 tahun yang lalu. Desas-desus mengenai kuburan gajah adalah tidak benar, itu hanya merupakan legenda biasa.
Kumbang Badak
Kumbang Badak
1. Kumbang Badak
Mereka merupakan hewan sekaligus serangga paling kuat di dunia. Mereka bisa mengangkat sesuatu 850 kali berat badan mereka sendiri atau sama saja dengan seorang manusia yang mengangkat 2 tank

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Pages

▲Top▲